Senin, 23 Juli 2012

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 3 : Ipoh )

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 2 : Kuala Lumpur - Ipoh )

Ipoh ( gambar milik silverian, di ambil dari web skyscrapercity.com )

Ipoh, mungkin tak banyak di antara kita yang tidak begitu mengenal nama kota ini. Wajar saja sebenarnya, mengingat Ipoh bukanlah kota tujuan utama orang - orang Indonesia untuk berlibur, atau pun menuntut Ilmu di Malaysia. Di bandingkan dengan nama seperti Melaka, Kuala Lumpur, Penang, Johor, ataupun Langkawi,  Ipoh memang tidak begitu populer bagi orang - orang indonesia ( kecuali para pekerja disana :D )

 Meskipun tidak begitu populer, namun jika melihat penataan kotanya, taman - tamannya, jalan dalam kota, kebersihannya, serta fasilitas publik kota ini jelas tidak banyak kota di Indonesia yang bisa seperti Ipoh ini. Selain penataan kotanya yang baik, kota ini cukup teduh, pohon - pohon besar banyak tertanam di sepanjang jalan - jalan utama kota, belum lagi bukit - bukit kapur yang berdiri dengan gagah di tengah kota ini.

Dari segi ketertiban berlalu lintas, masyarakat disini bisa dibilang tertib, meskipun kecepatan mereka berlalu lintas cukup tinggi ( mungkin karena jalanan yang lengang dan bebas macet kali yah :D ) Selain itu, selama di Ipoh saya tidak begitu sering melihat sepeda motor ( motosikal ),  masyarakat disini mayoritas menggunakan Mobil ( kereta ) .  Berikut beberapa gambar Kota Ipoh :

Skyline Ipoh dilihat dari salah satu mal dekat kawasan dataran MBI

Skyline Ipoh dilihat dari Tune Hotel

Suasana tepian sungai di Kota Ipoh ( gambar di ambil dari : http://kirapu.blogspot.com )


Sungai di kota ini sangat bersih ( gambar di ambil dari : http://kirapu.blogspot.com )

Hari pertama saya di Ipoh ini lebih banyak saya habiskan untuk jalan - jalan menikmati kota ini, karena saya malas merepotkan teman saya yang tinggal di kota ini, maka saya memilih berkeliling kota ini dengan berjalan kaki. Menikmati sebuah pasar ala  "pasar kaget" di Indonesia, sarapan dan mengunjungi taman - taman yang indah yang berjarak tidak begitu jauh dari hotel, serta menikmati river front kota ini. Benar - benar bagus  sekali penataan kota nya.

Namun tak lama kemudian teman saya yang memang tinggal di kota ini menelfon saya untuk seterusnya mengajak kita pergi ke Kota sebelah yang masih bagian dari Negeri Perak ini, Bandar Diraja Kuala Kangsar namanya, tempat istana Sultan Negeri Perak ini berada. :)


Selanjutnya : Menjelajah Tanah Melayu ( Part 4 : Kuala Kangsar - Penang )

3 komentar:

  1. terima kasih kerana sudi datang ke malaysia..lain kali boleh dtg lagi melawat negeri2 yg lain pula seperti kelantan(kota bharu),negeri terengganu(kuala terengganu) dan lain2nya..huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, aku memang teringin nak balik lagi ke malaysia. Semoga ada masa, umur, dan rezeki dibagi allah lagi di masa hadapan. Teringin tengok Johor Bahru dan Langkawi :D

      Hapus
    2. next time you definitely should come to Terengganu! well the place is not as large as Ipoh or Perak but we definitely have our own charm! :D

      Hapus