Senin, 23 Juli 2012

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 4 : Kuala Kangsar - Penang )

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 3 : Ipoh )

Puas berkeliling Ipoh, kamipun melanjutkan perjalanan menuju sebuah Kota Istana dimana di dalamanya terdapat Istana negeri Perak. Nama kotanya sendiri adalah Bandar Diraja Kuala Kangsar, perjalan menempuh lebih kurang 30 menit dari Ipoh. Sepanjang perjalanan kami di suguhi pemandangan alam yang indah, bukit - bukit dan lembah menjadi teman sepanjang perjalanan, di tambah dengan kualitas jalan di malaysia yang memang patut di acungi jempol. 


Suasana di sepanjang perjalanan menuju Kuala Kangsar


Tak lama ternyata kita sudah memasuki Bandar Diraja Kuala Kangsar yang merupakan tempat dimana Istana Iskandariah berdiri dengan megah, selain Istana Iskandariah di kota ini juga banyak peninggalan - peninggalan sejarah lainnya. Seperti Masjid Ubudiyah, Istana Kenangan, Muzium Diraja Galeri Sultan Azlan Syah yang berada di Bukit Chandan, selain itu Kota ini juga di belah oleh sebuah sungai yang dinamakan Sungai Perak, diatas nya juga terdapat sebuah jembatan besar yang cukup indah. Lalu di sepanjang Sungai ini pun terdapat Rumah - Rumah yang bergayakan Seni Bina Melayu. Tak cukup sampai disana, di beberapa titik di sungai ini juga terdapat semacam Dataran ( Alun - Alun ) dimana ramai masyakarat dan pelancong yang berkumpul, banyak juga ragam makanan yang di jua di Dataran ini.



Masjid Ubudiyah di Bukit Chandan - Kuala Kangsar

Kalau menurut ku, Bandar Diaraja Kuala Kangsar ini lebih kurang seperti Kota Siak Sri Indrapura di Riau, bedanya suasana Kuala Kangsar ini lebih hidup dari pada di Siak Sri Indrapura dan dari segi Infrastruktur Kuala Kangsar jaug lebih lengkap dari Siak Sri Indrapura. Kuala Kangsar sendiri seain sudah terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol, kota ini juga sudah terkoneksi dengan jaringan Kereta Api Tanah Melayu ( KTM ) sehingga memudahkan orang untuk datang ke Kota ini. Tak heran bila negeri Perak saat ini tengah gencar mempromosikan Potensi Pariwisata di Negeri ( provinsi ) mereka. Berikut gambar - gambar suasan Bandar Diraja Kuala Kangsar :

 
Suasana dari atas Bukit Chandan - Kuala Kangsar



Suasana dalam Kota Kuala Kangsar ( gambar milik Silverian - Kirapu.Blogspot.com )

Puas berkeliling sekaligus menikmati makan siang di Kota Kuala Kangsar, maka temanku yang asli malaysia selama di perak membawa kami berkeliling ini membawa kami ke Negeri Pulau Pinang ( Penang ), memang sejak lama aku sudah ingin sekali pergi ke Penang ini, namun aku tidak menyangka kalau temanku memang akan membawa kami kesana. Mengingat kondisi tubuh dia yang kurang Fit kala itu, apalagi ia hanya sendiri membawa mobil :D

Perjalanan mengambil waktu selama lebih kurang 1,5 Jam. Perjalanan yang singkat sebenarnya bagi orang - orang Indonesia yang berada di Luar Pulau Jawa, mengingat jarak antara Kota satu dengan Lainnya yang berjauhan di tambah dengan Infrastruktur jalan yang buruk, maka perjalanan ini belum begitu meletihkan bagi orang - orang yang sudah biasa melakukan perjalanan di Indonesia khususnya di Luar Jawa :D

Lagi, dengan kualitas infrastruktur yang baik dan indahnya pemandangan menjadi teman selama perjalanan, terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara Negeri Perak dengan Negeri Pulau Pinang, jika di Perak tidak begitu banyak area - area Industri yang terlihat namun berbeda dengan Negeri Pulau Pinang ( Penang ). Memasuki area perbatasan di kedua negeri itu kami langsung disambut dengan kawasan - kawasan Industri, suasana negeri Maju langsung terasa di Negeri Pulau Pinang ini. Pastinya suasana di Negeri Pulau Pinang ini jauh lebih hidup ( ramai ) dari pada Negeri Perak. 

Seperti yang kita ketahui, Penang merupakan Bandar ( kota ) kedua terbesar di Malaysia setelah Kuala Lumpur, disinipun terdapat Jembatan yang konon merupakan Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ( CMIIW ), memasuki Jembatan Pulau Pinang sayup - sayup kita bisa melihat kumpulan gedung - gedung pencakar langit yang membentuk Skyline indah di pulau ini, area pelabuhan pun dapat terlihat dari atas jembatan. Banyak sebenarnya tempat - tempat menarik di Penang ini, selain jembatan Pulau Pinang ini tentunya ada juga Bukit Bendera namun sayang karena waktu yang gak cukup maka perjalanan ke Bukit Benderapun di batalkan, semoga di lain kesempatan bisa berkunjung kesana.



Suasana di atas Jembatan Pulau Pinang


Selama di Penang, saya di ajak pusing - pusing melihat isi Kota Penang ini, ada yang menarik dari Kota ini. Jika kota - kota lain di malaysia rata - rata memiliki jaringan Jalan raya yang lebar namun tidak di pulau pinang ini, Jalan paling lebar yang saya temui hanya di seputaran Jembatan saja selebihnya banyak jalan - jalan yang menerapkan sistem jalan satu arah. Mungkin ada banyak jalan raya yang lebar, tapi yah saya nya aja yang gak pergi kesana :D Berikut ini beberapa gambar suasana di Pulau Pinang ( penang )

Suasana Jalan Raya di Pulau Pinang



Skyline Penang yang dilihat dari waterfront city

Salah satu tempat wisata di Penang

Penampakan Skyline Penang


Saya sangat berharap suastu saat nanti saya dapat kembali ke penang ini, kota ini sangat menyenangkan disamping fasilitas umum kota yang ditawarkan juga baik, salah satunya mereka telah memiliki jaringan BRT. Apalagi yang saya dengan saat ini Penang tengah mempersiapkan pembangunan Monorail, saya berharap kedepan mereka juga akan membangun MRT. 

Tak terasa haripun mulai beranjak malam, sudah waktunya untuk kembali ke Ipoh. Namun sebelum kembali ke Ipoh kita singgah sebentar di sebuah restoran untuk sekedar beli Minuman, lepas beli minuman kita melanjutkan perjalanan kembali. Melihat Penang di malam hari sangat indah, kota nya ramai, gedung gedungnya juga bagus. Dan menurut saya kota ini "sedikit" memiliki aura Singapore :D

Perjalanan terus di lanjutkan, dan kami kembali memasuki Jembatan Pulau Pinang, melihat area pelabuhan di temani dengan skyline kota menambah indah kota ini. Dan sayup2 lampu dari Bukit bendera juga terlihat. Semoga suatu saat nanti saya dapat kembali :)







0 komentar:

Poskan Komentar