Kamis, 26 Juli 2012

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 6 : Putrajaya )

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 5 : Taiping - Ipoh - Kuala Lumpur )

Seperti yang saya ceritakan Pada Part sebelumnya, kalau hari ini saya ada janji dengan taman saya yang asli malaysia. Teman yang saya kenal di sebuah Forum dunia maya ( skyscrapercity.com ). Ada yang menarik dengan perkenalan saya dengan teman - teman dari skyscrapercity.com ini. Meskipun sebelumnya tidak saling kenal, tidak pernah berjumpa secara langsung, tapi ketika sudah bertemu hubungan pertemanan pun menjadi dekat dan Akrab :D

Oke, setelah membeli tiket saya turun ke Platfom tempat KLIA Transit akan membawa kami ke stesyen Putrajaya - Cyberjaya. Kereta berkecepatan tinggi ini sangat nyaman sekali, jumlah penumpang saat itu tidak ramai, sehingga kamipun bebas memilih tempat duduk :D. Tak terasa kamipun sudah sampai di stesyen Putrajaya - Cyberjaya ( Putrajaya Central ). Bagi yang baru pertama kali sampai di Putrajaya tanpa di damping Tour Guide mungkin akan merasa kerepotan ataupun bingung dengan Kota yang ditasbihkan sebagai Pusat pemerintahan Malaysia ini. Peta Wisata yang menurut saya kurang Informatif, di tambah BRT ( Nadiputra ) di Putrajaya yang tidak memberitahukan di halte apa kita akan berhenti membuat banyak pelancong merasa kebingungan.

Hal ini tidak hanya saya sendiri yang merasakan, saat saya berangkat ke Putrajaya untuk kedua kalinya ( ini adalah pertama kalinya saya ke putrajaya ). setidaknya ada 2 Turis Asing juga yang kebingungan dengan Kota ini. Dan menjadi "bagian" rombongan kami kala itu. Untunglah Tujuan kita kala itu sama - sama ke Dataran Putra Perdana :), sedikit Tips bagi yang pertama kali datang ke Putrajaya, jangan malu untuk bertanya sekalipun anda telah memegang Peta Wisata. Dan upyakan untuk menggali Informasi saat masih di Putrajaya Sentral, karean masyarakat Putrajaya sendiripun banyak yang kurang paham dengan Putrajaya ini ( setidaknya itu yang saya alami :) ) . 

Setelah mencari tahu Bas mana yang akan membawa kami ke Putra Perdana, kamipun langsung menaiki Bas tersebut. Hanya membayar 1 Ringgit saja kita sudah di ajak keliling Putrajaya, hingga ketujuan :D. Di tengah perjalanan kami mengetahui kalau Bas yang membawa kami ini rupanya juga akan menyinggahi Alamanda Mal, Alamanda Mal merupakan salah satu mal ( atau satu - satunya Mal ? ) yang ada di Putrajaya. karena hari juga masih Siang, dan waktu janjian dengan teman saya masih lama jadi kami lebih memilih untuk mengandemkan diri di Alamanda Mal :D

Secara umum gak ada yang istimewa dengan Alamanda Mal ini, sama aja dengan mal - mal yang lain. Yang buat beda depannya ada Tasik ( danau ) atau kolam kali yah yang lumayan besar, di sisi lain juga ada tanaman - tanaman bambu yang di tata apik. Yah ada nuansa - nuansa Ciwalk di Bandung juga lah :D Rupanya saat kami ke Alamanda, ada diskon besar - besaran disana. Ya teman - temanku langsung "borong" barang - barang yang dirasa cocok untuk di pakai Kuliah :D. Memang kalau di lihat dari harga yang ada, lebih murah dari yang ada di Pekanbaru.

Alamanda Mal ( gambar milik portal.ppj.gov.my ) 


Puas berkeliling di Alamanda, maka kamipun bersiap menuju Putra Perdana. Kali ini kami mencoba untuk berjalan kaki dari Alamanda Mal menuju Putra Perdana, waah rupanya jauh juga. karena gak tahan jalan kaki, maka kami berhenti di halte Bas dekat Komplek ABCD dari sana kami menaiki Bas menuju Dataran Putra Perdana. Rupanya teman saya sudah menunggu di main gate Masjid Putra yang satu area dengan Dataran tersebut, sampai di halte kami langsung menuju Masjid Putra. Area ini sangat cantik sekali, disini terdapat Putra Perdana yang merupakan gedung tempat Perdana Mentri Malaysia berkantor, gedungnya besar sekali, desainnya menggabungkan antara Melayu dengan arab ( CMIIW ) juga terdapat Masjid Putra yang tak kalah cantiknya, dihiasi dengan Menara Tinggi yang menjulang ke atas merupakan salah satu masjid utama di Putrajaya,

Masjid Putra yang berada di Dataran Putra

Akhirnya aku bertemu dengan teman ku tersebut, setelah berkenalan sebentar lalu dengan menggunakan mobil ( kete ) ia mengajak kami untuk berpusing - pusing di Putrajaya, dia juga banyak bercerita mengenai apa sebenarnya Putrjaya ini dulunya. Menurutnya, Putrajaya dulunya hanya lah hamparan Hutan Sawit, namun oleh Kerajaan Malaysia di rubah menjadi sebuah Pusat Pemerintahan terpadu, dan memindahkan Pusat Pemerintahan dari Kuala Lumpur ke Putrajaya ini. Dan bisa dilihat sekarang bagaiaman Putrajaya saat ini tidak hanya menjadi Pusat Pemerintahan negara semata, tapi juga sudah menjelma menjadi suatu destinasi wisata bagi para pelancong.

Kami melewati Putrajaya Aveneu, sebuah kawasan yang bagus menurut ku. Dimana Jalan nya luas sekali, jembatan - jembatan indah menghiasi area ini. Tak hanya monoton melihat gedung - gedung Pemerintahan saja, di Putrajaya juga terdapat Tasik ( Danau ) besar yang lagi - lagi di manfaatkan oleh Kerajaan Malaysia untuk menjadi salah satu destinasi wisata mereka, Tasik ini bernama Tasik Seri Perdana Putra. 



Pemandangan masjid Putra dan Tasik Putra dari atas Jembatan Putra

Kamipun melewati beberapa gedung pemerintahan yang dari segi desain cukup unik. Salah satunya yang paling aku suka adalah gedung Kementrian Kewangan ( Kementrian Keuangan ) Malayasia. Desainnya yang unik membuat banyak pelancong yang mengabadikan moment disana. Dari Putrajaya Avenue ini kita juga bisa melihat Putrajaya Convention Centre yang tak kalah indahnya. Dari Putrajaya Avenue-pun kita dapat melihat Jembatan Seri Wawasan yang cantik itu, apalagi kalau malam hari jembatan ini bermandikan cahaya warna warni. 

Jembatan Seri Wawasan - Putrajaya


Tujuan kami kali ini adalah ke Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin atau yang lebih Populer disebut sebagai Masjid Besi. Karena hari sudah mulai maghrib maka kamipun singgah untuk shalat Maghrib disini.
Masjid yang luar biasa indahnya, selain indah masjid ini juga sangat besar ( pertama kali masuk Masjid ini, serasa masuk Mal -__- ) Bagian depan area Masjid terdapat semacam Jembatan Layang ( Pedestrian Bridge raksasa :P ) yang di atasnya di buat taman - taman indah dan terkoneksi dengan gedung pemerintahan di atasnya,tak hanya itu Lantai 2 Masjid ini juga terdapat kolam seperti Invinty swimming pool, dengan pemandangan Tasik dan Jembatan - jembatan Indah di Putrajaya. Konon masjid ini tidak menggunakan aircond ( AC ) namun hawa sejuk terasa saat masuk masjid ini, benar - benar indah. 

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin ( Gambar di ambil dari : mymiee.blogspot.com )

Selesai shalat maghrib dan Puas menikmati Masjid yang indah ini, maka kamipun kembali melanjutkan perjalanan. Kali ini temanku mengajak kami pergi ke sebuah Kota di Negeri Selangor sekaligus menjadi Ibu Negeri Selangor yakni Shah Alam. Namun sebelum ke Shah Alam kami sedikit pusing - pusing di Putrajaya :D

Secara umum kota ini memang indah, rapi dan serba tertata. Baik antara pusat pemerintahan, pemukiman, dan area belanja semuanya di tata secara apik. jalan - jalanpun dibangun dengan sangat lebar dan bagus. Namun kalau ada yang menyuruh tinggal di Putrajaya ini, saya pastinya  akan menolak untuk tinggal disini :D Bukan apa - apa bagi saya kota ini terlalu monoton, sekalipun bisa dibilang fasilitas kota ini lengkap :D


Selanjutnya : Menjelajah Tanah Melayu ( Part 6 : Shah Alam - Kuala Lumpur )

4 komentar:

  1. keren. Trip yang keren dan blog yang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaha, masih jauh lebih keren Riau Daily lagi bg :D. Folow aku bang :D

      Hapus
  2. wah... mantap blognya mah.. hehehe...
    keren dri...

    BalasHapus
  3. hi, boleh tau gak dari masjid putra ke masjid besi pake apa..?? jalan kaki atau naik apa gitu..?

    BalasHapus