Rabu, 25 Juli 2012

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 5 : Taiping - Ipoh - Kuala Lumpur )

Menjelajah Tanah Melayu ( Part 4 : Kuala Kangsar - Penang )


Taiping 

Lepas berjalan - jalan di Kuala Kangsar dan Penang, kami pun segera pulang ke Ipoh. namun karean perut terasa lapar maka teman saya yang orang Malaysia mengajak untuk makan malam di sebuah kota kecil sebelum Ipoh, nama kotanya Taiping. Sayang saya tidak ada mengabadikan gambar kota ini, karena malam dan memang udah gak ada niat lagi buat foto - foto :D

Dari yang saya lihat, Kota ini tak kalah cantiknya dengan kota - kota lainnya di Malaysia. tepat ditengah tengah Bandar ( kota ) terdapat sebuah danau yang luas lengkap dengan wahana air di atasnya, taman - taman cantik dan pepohonan yang membentuk semacam Lorong pada jalan yang kami lewati menambah indah Kota ini.

Di taiping kami singgah di sebuah Rumah Makan melayu, teman saya yang asli malaysia merekomendasikan kami untuk mencoba Tom Yam, dan ternyata waah luar biasa enaknya :D, belum pernah saya makan Tom Yam se enak itu, dan selama di malaysia ini lah tempat makan paling enak yang pernah saya kunjungi :D Ini ada bebera afoto mengenai yang saya ambil dari Internet : 

Suasana di dalam kota Taiping ( Gambar di ambil dari jhazkitaro.blogspot.com )

Danau yang berada di tengah - tengah Kota Taiping ( gambar di ambil dari azlinamy.blogspot.com )

Ipoh

Perut kenyang maka perjalanan di lanjutkan kembali menuju Ipoh, waktupun sudah menunjukkan waktu 12 malam waktu malaysia kala itu ( 11.00 WIB ), sesampainya di Ipoh kita pusing - pusing Ipoh sebentar. Terasa perbedaan antara Penang dengan Ipoh, kalau di penang suasana kota metropolitannya lebih terasa sedangkan Ipoh suasana tenang dan tentram justru lebih mengemuka :D, mungkin bagi anda yang mencari tempat tinggal di hari tua, Ipoh bisa jadi salah satu alternatif :D Puas berkeliling, kamipun langsung pulang ke Hotel untuk beristirahat mengingat esok harinya, kita bersiap kembali ke Kuala Lumpur.

Pagipun menyapa, kami pun terjaga dari mimpi :P. Masih capek sebenarnya karena melakukan perjalanan panjang semalam, tapi niat ke Kuala Lumpur gak boleh batal. Setelah bersiap - siap, kami sempatkan dulu untuk makan di kedai mamak yang tak begitu jauh dari Tune Hotel. Kali ini aku makan Roti Canai saja karena memang tidak begitu lapar, lagi enak makan rupanya temanku yang asli malaysia sudah datang untuk siap mengantarkan kami ke Stesyen Kereta Api. Padahal niat awal ku ingin pergi ke stesyen naik Taksi saja, namun karena sudah teranjur datang yah tak apa jua lah :D

Setelah check out kitapun bersiap berangkat menuju stesyen, ditengah perjalanan sebuah tragedi pun terjadi, waah shock berat dengan peristiwa tersebut, :( Yah semoga temanku yang asli malaysia sabar menerimanya, meskipun sebenarnya aku tak enak hati. karean mengantar aku ke Stasyen, jadi ada peristiwa yang tidak mengenakkan begitu :( Perjalanan tetap kami lanjutkan ke Kuala Lumpur, meskipun dengan hati yang tidak enak, apalagi dengan temanku tersebut. :(

Kuala Lumpur ( Hari Pertama )

Berangkat dari Ipoh ke Kuala Lumpur kembali kami menggunakan Train, perjalanan kali ini terasa lama. Selain perasaan tidak enak dengan temanku tersebut, kamipun sebenarnya memang kurang istirahat lantaran sehari sebelumnya berpetualang mengeliing sebgaian Utara Malaysia :D

Akhirnya kami memasuki kawasan Greater Kuala Lumpur, dan perjalan berheti di KL Sentral. Dari KL Sentral kami langsung pergi ke area Mesin Tiket LRT untuk membeli tiket tujuan  KL Sentral - Sultan Ismail. Selama di KL kami akan kembali menginap di Tune Hotel Downtown Kuala Lumpur, kebetulan karean kami telah booking hotel sejak jauh - jauh hari maka kami mendapatkan harga yang cukup murah yakni sekitar rm 60. 

Tidak membuang waktu kami langsung menuju Stesen Sultan Ismail, setibanya di Stesen Sultan Ismail berjalan kaki sedikit dan sampailah di Tune Hotel Downtown Kuala Lumpur, check in dan langsung menuju kamar untuk istirahat sebentar dan bersih - bersih. Perjalanan kembali kami lanjutkan untuk mencari makan siang. 

Setelah mendapatkan kedai makan untuk makan siang kali ini, rupanya pemilik kedai makan tersebut dari Indonesia, yakni dari Kota Duri - Riau :D, akhirnya aku menjumpai orang satu kampung di Malaysia ini. Sambil makan siang kamipun cerita banyak mengenai keadaannya di malaysia yang menurutnya mencari uang di malaysia memang menyenangkan, di tambah menurutnya kondisi Malaysia lebih baik dari Indonesia, baik dari segi ketertiban umum, pelanan masyarakat, hingga masyarakatnya sendiri ( akupun melihat demikian ) 

Makan siang selesai, saatnya pusing - pusing Kuala Lumpur. Kali ini pilahn kami jatuh ke KLCC, melihat Suria, Tasik Simfony, dan sedikit "cuci mata" di taman yang berada di area KLCC ini :D. di KLCC kami cukup lama, sampai malam. Hal ini karena ingin melihat indahnya Tasik Simfony di malam hari, beruntung malam itu Tasik Simfony beroperasi padahal saat itu tasik simfony dalam masa perawatan lebih kurang satu bulan ( mungkin saat kami berada di sana sedang uji coba )

Puas berkeliling KLCC sampai malam, kamipun memutuskan untuk pulang ke hotel. Namun sebelum pulang kami sempatkan untuk makan malam dulu di sebuah Kedai Mamak tak jauh dari CIMB Tower, makan disana enak juga. harganya pun murah kisaran 5 - 6 ringgit saja. :D Selesai makan, kami pulang ke hotel dengan berjalan kaki, karean jarak rumah makan dengan hotel yang memang tidak begitu jauh. Sampai di hotel bersih - bersih lalu tidur.


Kuala Lumpur ( Hari Kedua )

Hari kedua di Kuala Lumpur, kali ini kami ingin sedikit berbelanja untuk oleh - oleh keluarga di Riau. Tujuan kami kali ini adalah ke Central Market dan Petaling Street. Disini banyak tersedia barang - barang yang cocok dijadikan untuk oleh - oleh, sekalipun dari barang yang di jual semuanya ada di pekanbaru teruatama makanan ( mungkin karena sama - sama negeri melayu : D) tapi tetap saja hasrat belanja tetap tak terbendung. Harga di Central Market sedikit lebih mahal dari pada petaling Street, namun suasana Central Market jauh lebih bersih dan nyaman dari Petaling Street. 

Central Market ( Gambar diambil dari malaysia.panduwisata.com )


Dari segi perilaku pedagang pun berbeda, di Central Market pedagang lebih sopan dan tidak memaksa, namun berbeda dengan Petaling Street. Sedikit Tips dari saya kalau ingin berbelanja di Petaling Street adalah jangan coba menyentuh atau menawar harga dagangan jika hanya sekdar ingin melihat - lihat atau bertanya saja, karena pedagang disana akan marah dan memaksa kita untuk membeli barang dagangan mereka :D Puas berbelanja, haripun beranjak siang dan waktunya makan siang. Kali ini kami makan siang di Medan Selera yang ada di Central Market saja. 

Petaling Street ( gambar di ambil dari : malaxi.com )


Sebenarnya hari ini saya punya janji dengan teman saya yang saya kenal dari salah satu forum di dunia maya ( skyscrapercity.com ) untuk bertemu di Putrajaya, maka setelah kami selesai berbelanja kamipun langsung menuju KL Sentral untuk meletakkan barang belanjaan di Locer area yang disediakan di KL Sentral, setelah itu kami menuju Kaunter penjualan tiket KLIA Transit. Yah kali ini kami menggunakan KLIA Transit menuju Putra Jaya. Dengan membayar lebih kurang rm 9 kita sudah bisa menikmati Kereta Cepat yang dimiliki Malaysia ini. 


4 komentar:

  1. laporan yang bagus. boleh saya apa peristiwa yang tidak enak itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada insiden sikit, segan pulak nak bagi tau kat sini :D

      Hapus
  2. bagus ya.. :)

    kunjungi : http://1-clickinfo.blogspot.com/

    BalasHapus